Uncategorized

Pembuka

“Ajarkanlah sastra pada anak-anakmu, agar anak yang pengecut menjadi pemberani.”

Begitulah kira-kira yang diucapkan oleh Umar bin Khattab r.a. Saya juga ingat sebuah nasihat bahwa jika kita bukanlah anak seorang pemimpin maka kita dianjurkan untuk menjadi penulis, karena dengan menulis kita dapat mengubah dunia.

Mungkin karena itulah saya ingin menulis lagi, di halaman yang berbeda. Dengan meninggalkan jejak di tempat yang baru, bukan berarti saya akan berubah dan menjadi seorang yang lebih produktif dalam menulis. Saya akan tetap menjadi saya yang tidak mau membebani diri saya untuk sesuatu yang tidak bisa. “tidak bisa” bukan berarti saya tidak bisa menulis melainkan karena beberapa sebab yang datang tanpa sepengetahuan saya, seperti pekerjaan yang menumpuk, peristiwa yang terjadi tiba-tiba, tidak ada ide, sibuk mendadak, dsb.

Jika melihat pekerjaan, memang benar bahwa pekerjaan dapat membebani, tetapi tidak begitu juga saya dapat mengelola waktu dengan baik. Mengenai ide, seiring menggilanya dunia, ide-ide sebenarnya semakin banyak saja asal bisa membahasnya dan melihatnya dari sudut pandang tertentu.

Apakah penulis akan berusaha untuk menjadi penulis yang produktif? Entahlah. Hahaha.

Leave a Reply

